Rabu, 07 September 2016

Youth Contribution for Coastal Community Development Training

Pada Minggu, 4 September 2016 lalu, Komunitas Asa Edu Project mengadakan pelatihan bagi calon volunteer yang bertempat di Impala Space, sebuah café yang berada di kawasan Kota Lama Semarang. Youth Contribution to Coastal Community Development Training (YCCCDT) merupakan sebuah rangkaian dari kegiatan Open Recruitment Volunteer Komunitas Asa Edu Project yang bertujuan untuk membekali para calon volunteer mengenai pengetahuan tentang kepesisiran dan social project planning.
Sesi wawancara calon volunteer.
Kegiatan YCCCDT terbagi menjadi dua bagian, bagian pertama adalah sesi wawancara bagi calon volunteer yang dimulai dari pukul 07.00 – 08.30 WIB, sementara bagian kedua merupakan sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh Dr. Dedi Supriadi Adhuri (Peneliti Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI) dan Rifi Fazrina (Vice President Indonesian Youths for Environment Issues to Society – iYES) yang berlangsung dari pukul 08.31 – 12.30 WIB.
Presentasi oleh Pak Dedi.
Materi pertama disampaikan oleh Pak Dedi, pada kesempatan tersebut Pak Dedi mengenalkan apa itu wilayah pesisir, bagaimana kehidupan masyarakat pesisir, dan langkah-langkah tepat guna yang dapat dilakukan untuk mengembangkan wilayah pesisir. Pak Dedi menjelaskan bahwa untuk melakukan pendekatan dengan masyarakat pesisir (re: nelayan) diperlukan sebuah negosiasi yang didalamnya terdapat transfer pengetahuan mengenai project yang akan dilakukan, karena sebagian besar masyarakat pesisir akan lebih menghargai proses pendekatan pembagunan yang dilakukan secara adaptive. Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan mengenai peran perempuan nelayan, diantaranya adalah sebagai pengendali utama keluarga ketika para (laki-laki) nelayan sedang pergi ekspedisi (melaut untuk waktu yang lama); merupakan distributor langsung dari hasil tangkapan; berperan penting dalam proses jual – beli; serta merupakan pengelola keuangan utama dan merupakan kunci ekomoni dan keberhasilan nelayan.
Materi oleh Kak Rifi.
Materi kedua merupakan materi yang membahas mengenai teknis untuk menyiapkan sebuah project social yang disampaikan oleh Kak Rifi. Secara umum Kak Rifi menjelaskan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat sebuah project social, yaitu dengan menerapkan fungsi dari sistem manajemen POAC, Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Disebutkan pula bagaimana langkah yang tepat dalam merencanakan sebuah project social, yaitu dengan memperhatikan unsur-unsur berikut: specific, measurable, achievable, realistic, dan timebond atau yang biasa dikenal dengan istilah “Planning SMART Goals”. Di sela penyampaian materi terdapat pula kegiatan FGD, tujuannya adalah untuk mempraktekan secara langsung materi yang telah disampaikan oleh Kak Rifi. Dalam kegiatan tersebut, para calon volunteer dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas project sosial apa yang akan dilakukan di Tambak Lorok. Dan sebagai closing statement Kak Rifi menyampaikan bahwa untuk membuat sebuah project sosial harus ada relevansi antara kebutuhan masyarakat dengan kemampuan yang kita miliki agar project sosial yang kita lakukan dapat menjawab masalah yang terjadi, sehingga kehadiran kita di masyarakat benar-benar sebagai problem solver.

Presentasi rencana project oleh calon volunteer.
Pesisir merupakan perwajahan utama Indonesia karena Indonesia adalah Negara Kepulauan yang memiliki garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Lantas apa yang dapat kita lakukan untuk membantu masyarakat pesisir? Ialah memformulasikan bagaimana cara yang tepat untuk mengoptimalkan kekuatan serta potensi pesisir dan nelayan, tidak hanya mereduksi masalah lingkungan yang terjadi tanpa memprhatikan kehidupan nelayan. Ialah mencari tahu sumber masalah di wilayah pesisir, menganalisa ancaman apa saja yang mungkin dan sudah terjadi. Dan menerapkan sistem kolaborasi yang partisipatif antara pemerintah pusat dengan masyarakat pesisir untuk bergerak bersama mengembangkan pesisir Indonesia. #PesisirHebat (DN).

0 komentar:

Posting Komentar