Selasa, 30 Oktober 2018

Memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan Peduli Terhadap Lingkungan Pesisir


Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (28/10), Komunitas Asa Edu bersama dengan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kota Semarang dan Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) Jawa Tengah melaksanakan kegiatan pemananaman mangrove. Kegiatan ini dilaksanakan di Pesisir Tambak Rejo, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara.
Penanaman Mangrove
Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB ini diikuti oleh 15 orang anggota INSA Semarang, 20 orang Taruna Akpelni, 8 orang Komunitas Motor Akpelni, Dompet Dhuafa, Komunitas Seangle Semarang, BEM Undip, siswa serta guru pendamping dari MI Grisikdono 10 dan beberapa komunitas serta Pemuda Karang Taruna. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga terbuka untuk masyarakat umum.
Upaca Memperingati Hari Sumpah Pemuda
Kegiatan diawali dengan upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda, dilanjut dengan penanaman mangrove dan gerakan bersih-bersih pesisir di akhir kegiatan. “Dengan menggunakan 7 unit perahu para peserta menuju ujung utara pantai Tambak Lorok untuk menanam pohon mangrove” ujar Ridwan, Ketua DPC INSA Semarang.
Pesisir Bersih 
Rangkaian kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemuda terhadap lingkungan pesisir di Hari Sumpah Pemuda. Selain itu, kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk menjaga pesisir, karena dengan adanya pohon mangrove maka dapat mengurangi abrasi air laut ke daratan. Ridwan juga mengungkapkan bahwa pohon mangrove pula merupakan tempat penangkaran berbagai habitat laut seperti kepiting dan udang, tempat berlindung dan berkembang-biak burung-burung. Termasuk tempat untuk memproduksi CO2 yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pantai.

“Kegiatan tanam mangrove yang bertepatan dengan sumpah pemuda yang ke 90 ini merupakan realisasasi dari semangat pemuda pemudi yang dahulu telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.  Sekarang kita sebagai pemuda pemudi penerus bangsa harus meneruskan semangat tersebut dengan menjaga keutuhan negara indonesia mulai dari hal yang terkecil yaitu menjaga lingkungan pesisir” ujar Fajri selaku ketua pelaksana kegiatan.

1 komentar: